SEMINAR NASIONAL MANAJEMEN DAN CALL FOR PAPER “SENAMA 2020”, DENGAN TEMA “BAGAIMANA INDONESIA MENGHADAPI ERA SOCIETY 5.0”

Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Cabang Surabaya Koordinator Jawa Timur bekerjasama dengan Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi UPN Veteran Jawa Timur telah menyelenggarakan Seminar Nasional Manajemen dan Call For Paper “SENAMA 2020”, dengan tema “BAGAIMANA INDONESIA MENGHADAPI ERA SOCIETY 5.0”, pada tanggal 12 Agustus 2020 via Zoom.

SENAMA 2020 sebagai wadah bagi para peneliti dan akademisi untuk mempresentasikan dan mendiskusikan hasil-hasil penelitian di bidang ekonomi, yang mencakup kajian ilmu ekonomi dan manajemen. Setelah para pemakalah mempresentasikan artikelnya, 10 (sepuluh) artikel terbaik berpeluang dimuat di jurnal akreditasi Nasional dan terideks SINTA, sedangkan artikel lainnya diterbitkan di prociding dan jurnal yang ber-ISSN. Sasaran dari kegiatan SENAMA 2020 adalah para akademisi, praktisi dunia usaha, mahasiswa, peneliti serta para pemegang kebijakan pemerintah khususnya di bidang manajemen dan kewirausahaan di seluruh Indonesia.

SENAMA 2020 akan menghadirkan 3 (tiga) keynote speaker, yakni: (1) Dr. Emil Elistianto Dardak, M.Sc.  (Wakil Gubernur Jawa Timur), (2) Prof. Dr. Ir. Akhmad Fauzi, MMT. (Rektor UPN ”Veteran” Jawa Timur), (3) Antonius Joenoes Supit (Satgas Omnibuslaw). Peserta terdiri dari pemakalah sebagai peneliti yang mengikuti Call For Paper, dan peserta Seminar Nasional Manajemen yang berjumlah 250 orang. Acara ini berlangsung mulai pukul 08.00 hingga 17.00.

 

PRESENTASI USULAN DIGITAL/INTENET MARKETER HUB/POOL OLEH ISEI CABANG SURABAYA

 

Melanjutkan pembahasan perlunya solusi digitalisasi bagi pelaku usaha di Jawa Timur sebagai solusi bisnis di masa Pandemi Covid 19, diperlukan pembahasan lanjutan agar solusi digitalisasi bisa dilaksanakan. Terkait dengan hal tersebut, ISEI Cabang Surabaya telah menyelenggarakan pertemuan pada tanggal 6 Agustus 2020 pukul 13.00 di Ruang Pertemuan kantor Pusat Bank Jatim, dengan agenda: Presentasi usulan Digital/Intenet Marketer Hub/Pool oleh ISEI Surabaya. 

Pertemuan ini dihadiri oleh Dekan FEB UPN ”Veteran” Jawa Timur, Dekan FIK UPN ”Veteran” Jawa Timur, Bapak Sotarduga Napitupulu (Kantor OJK Regional 4 / Pengurus ISEI Surabaya), Bapak Ferdian Timur Satyagraha (Direktur Keuangan Bank Jatim / Pengurus ISEI Cabang Surabaya), Bapak Jumadi (Pemprov Jatim / Pengurus ISEI Surabaya), dan Bapak Rahmad Cahyadi (Pengurus ISEI Surabaya).

 

 

DISKUSI TERBATAS UNTUK MENDAPATKAN MASUKAN-MASUKAN TERKAIT KAJIAN/SMALL RESEARCH “DAMPAK COVID-19 TERHADAP PEREKONOMIAN JAWA TIMUR DAN IMPLIKASI KEBIJAKAN”

Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI)  Cabang Surabaya Koordinator Jawa Timur telah ditunjuk oleh Pengurus Pusat ISEI untuk membuat Kajian/Small research “Dampak COVID-19 terhadap perekonomian Jawa Timur dan Implikasi Kebijakan”. Hasil kajian tersebut akan dipresentasikan dalam Sidang Pleno ISEI XXI & Webinar Nasional pada tanggal 25 – 28 Agustus 2020. 

Sehubungan dengan hal tersebut, ISEI  Cabang Surabaya Koordinator Jawa Timur menyelenggarakan Diskusi Terbatas Daring untuk mendapatkan masukan-masukan tentang  perkembangan kondisi makro ekonomi Jatim (pertumbuhan ekonomi, inflasi, dan pengangguran) selama tahun 2020 dan 2021, APBD, perbankan, serta persepsi tentang kegiatan ekonomi, daya beli dan kepercayaan usaha. Diskusi terbatas tersebut telah diselenggarakan pada tanggal 30 Juli 2020 pukul 15.30 – 17.30.

Acara diskusi terbatas ini menampilkan beberapa narasumber, yaitu: (1) Dr. Rudi Purwono, SE (Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNAIR), (2) Prof.Dr. Abdul Mongid, SE, MA (STIE Perbanas Surabaya), (3) Dr. Ignatia Martha, SE (Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN ‘Veteran’ Jawa Timur), (4) Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur, (5) Drs.Ec. Bambang Budiarto, M.Si (Fakultas Bisnis dan Ekonomika UBAYA / Pengurus ISEI Cabang Surabaya), dan (6) Danny Hermawan (Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur). Diskusi terbatas ini dipandu oleh Drs.Ec. Rahmad Cahyadi, MM (Ketua Focus Group UMKM, Koperasi, dan Keuangan Syariah ISEI Cabang Surabaya / Ketua Tim Small Research).  

 

WORKSHOP DARING “ACADEMIC WRITING FOR JOURNAL PUBLICATION & RESEARCH DISSEMINATION” DAN PELANTIKAN PENGURUS FORDES PERIODE 2020-2022

Forum Dosen Ekonomi Surabaya (FORDES) - ISEI Cabang Surabaya Koordinator Jawa Timur bekerjasama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya telah menyelenggarakan Workshop Daring “Academic Writing for Journal Publication & Research Dissemination” dan Pelantikan Pengurus FORDES Periode 2020-2022, pada tanggal 4 Juli 2020 pukul 09.00 - 12.00. Acara ini diawali dengan pelantikan Pengurus FORDES Periode 2020-2022 oleh Ketua ISEI Cabang Surabaya Koordinator Jawa Timur, Dr. Eko Purwanto, SE, M.Si yang juga sekaligus memberikan sambutan setelah selesai pelantikan.

Ketua FORDES (Dr. Siti Mujanah, MBA. Ph.D) memberikan sambutan sebelum dimulainya acara Workshop Daring dengan tema “Academic Writing for Journal Publication & Research Dissemination”. Workshop ini menampilkan dua orang narasumber: (1) Dr. Djuwari, M.Hum dari STIE Perbanas Surabaya yang memaparkan materi tentang Academic Writing for Journal Publication and How to Build A Novelty”; (2) Prof. Abdul Mongid, MA. Ph.D dari STIE Perbanas Surabaya yang memaparkan materi tentang Strategi Menembus Journal Bereputasi dan Meningkatkan H-index.”. Acara worshop ini dipandu oleh Moderator: Dr. Eni Wuryani, M.Si. dari Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya.

 

SILATURAHMI, HALAL BI HALAL 1441 H KELUARGA BESAR ISEI CABANG SURABAYA DAN SHARING KNOWLEDGE DENGAN TOPIK “TATANAN EKONOMI DUNIA MASA PANDEMI DAN NEW NORMAL PASCA PANDEMI COVID 19”

Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Cabang Surabaya Koordinator Jawa Timur telah menyelenggarakan Silaturahmi, Halal Bi Halal 1441 H Keluarga Besar ISEI Cabang Surabaya dan Sharing Knowledge dengan topik “Tatanan Ekonomi Dunia Masa Pandemi dan New Normal Pasca Pandemi Covid 19” pada tanggal 13 Juni 2020 secara daring melalui media google meet. Kegaiatan ini memiliki beberapa tujuan sbb: (1) Sebagai ajang silaturahmi diantara Pengurus dan Anggota ISEI Cabang Surabaya Koordinator Jawa Timur, (2) Membangun rasa kebersamaan dan kerukunan serta toleransi di lingkungan  Keluarga Besar ISEI Cabang Surabaya Koordinator Jawa Timur, (3) Memberikan wawasan tentang “Tatanan Ekonomi Dunia Masa Pandemi dan Pasca Pandemi Covid 19”.

Acara ini diawali dengan sambutan Ketua ISEI Cabang Surabaya Koordinator Jawa Timur, Dr. Eko Purwanto, SE, M.Si sampai pukul 14.10, dilanjutkan dengan tausiyah dan do’a oleh Dr. H. Ah. Ali Arifin, MM (Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Ampel Surabaya) hingga pukul 14.25. Acara selanjutnya adalah Sharing knowledge  dengan tema “Tatanan Ekonomi Dunia Masa Pandemi dan New Normal Pasca Pandemi Covid 19” dengan narasumber Prof.Dr. Muliaman D. Hadad, Ketua Umum PP-ISEI Periode 2015-2018 yang saat ini menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Swiss. Acara sharing knowledge ini dipandu oleh Ferdian Timur Satyagraha, B.Com., M.Com, PGS. Direktur Utama PT. Bank Jatim, Tbk, yang juga menjabat sebagai Ketua Bidang Kelembagaan dan Pendanaan ISEI Cabang Surabaya.

Dalam materi presentasinya yang berjudul “From Crisis to More Inclusive Recovery”, Prof.Dr. Muliaman D. Hadad menjelaskan tentang 3 hal, yaitu: Crisis and Its impact (krisis dan dampaknya), Bridge to the New Normal (jembatan menuju new normal), dan More Inclusive Recovery:  SMEs. Secara detail beliau memaparkan bagaimana dampak Covid-19 ini terhadap kondisi perkonomian dunia. Menurut beliau, kondisi ekonomi global saat ini lebih buruk daripada saat krisis keuangan global tahun 2008. Beliau juga memaparkan bagaimana langkah-langkah yang harus ditempuh untuk menuju kenormalan baru. Prof. Muliaman menyatakan bahwa dampak negatif dari Covid 19 ini juga menimpa UMKM di Indonesia. Hal ini berbeda dengan pada saat krisis moneter tahun 1997-1998 dan krisis keuangan global tahun 2008 dimana UMKM kita dapat menjadi katub penyangga dan pengaman perekonomian Indonesia karena UMKM mampu bertahan dan justru berkembang saat kedua krisis tersebut berlangsung. Beliau memberikan alternatif solusi untuk menciptakan pemulihan ekonomi yang inklusif melalui peningkatan kinerja UMKM.    

Acara ini dihadiri oleh sekitar 100 orang peserta dari berbagai kalangan, antara lain:  Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, Kantor Otoritas Jasa Keuangan Regional 4 Jawa Timur, pimpinan BUMN, pimpinan perusahaan swasta, Bank Jatim, dan pengurus/anggota ISEI Cabang Surabaya serta Pengurus ISEI Cabang yang ada di Jawa Timur (Malang, Jember, Banyuawangi, dan Madura).