LAUNCHING DAN BEDAH BUKU “INTEGRASI, SINERGI, DAN TEROBOSAN PEMBANGUNAN DAERAH”

ISEI Cabang Surabaya telah menerbitkan Buku Integrasi, Sinergi, dan Terobosan Pembangunan Daerah”. Launching dan bedah buku tersebut telah diselenggarakan pada tanggal 26 Januari 2012 di Hotel Sultan Jakarta. Penerbitan buku tersebut dilatarbelakangi oleh fakta bahwa selama ini keberhasilan pembangunan daerah hanya ditentukan oleh kinerja pembangunan ekonomi saja, sedangkan faktor-faktor lain di luar ekonomi seperti sosial, budaya, politik, dan keamanan kurang begitu mendapat perhatian.

Hal ini terlihat dari ukuran kinerja pembangunan daerah yang lebih banyak seputar ukuran ekonomi saja. Padahal antara faktor-faktor ekonomi dan non ekonomi tersebut saling berkelindan satu dengan yang lain. Fenomena-fenomena yang terjadi akhir-akhir ini dalam pembangunan daerah lebih banyak dikarenakan faktor-faktor non ekonomi kurang begitu mendapat perhatian sehingga terjadi gejolak sosial, pengikisan budaya, intrik politik serta terganggunya keamanan yang mana semua itu berpengaruh pada ekonomi daerah tersebut.

Bercermin pada hal tersebut, perlunya integrasi dan sinergi pembangunan ekonomi dan non ekonomi khususnya faktor keamanan dalam menciptakan rasa nyaman dalam berusaha, mengembangkan jejaring sosial, memperkuat nilai-nilai kebudayaan, dan menciptakan kesantunan politik. Dengan adanya integrasi dan sinergi tersebut akan menciptakan terobosan-terobosan dalam program-program dan kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh daerah, sehingga keberhasilan pembangunan daerah akan bermuara pada pembangunan nasional.

Oleh karena itu, ISEI Cabang Surabaya menerbitkan Buku dengan Judul “Integrasi, Sinergi, dan Terobosan Pembangunan Daerah”. Dengan adanya launching dan bedah buku tersebut diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pembangunan daerah yang bermuara pada pembangunan nasional. Selain itu, launching dan bedah buku ini diharapkan dapat menstimulus adanya terobosan-terobosan yang kreatif dan inovatif dalam menciptakan kemandirian ekonomi, kesalehan sosial, kepribadian budaya, kedaulatan politik dan ketangguhan keamanan.