Webinar series road to East Java Economic Forum (EJAVEC) 2020 : PARADE PENGALAMAN PRAKTIS “INOVASI BISNIS DI MASA PANDEMI” MENGEMBANGKAN KONSEP PEMULIHAN EKONOMI DI MASA NEW NORMAL

Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Cabang Surabaya Koordinator Jawa Timur bekerjasama dengan Kantor Perwakilan  Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur dengan telah menyelenggarakan Webinar series road to East Java Economic Forum (EJAVEC) 2020 : PARADE PENGALAMAN PRAKTIS “INOVASI BISNIS DI MASA PANDEMI” MENGEMBANGKAN KONSEP PEMULIHAN EKONOMI DI MASA NEW NORMAL pada tanggal 14, 15, dan 17 Oktober 2020 via zoom.

Penyelenggaraan webinar series ini adalah merupakan wujud dukungan dan sosialisasi pada EJAVEC Forum 2020, dengan mengambil tema besar: ”Inovasi Bisnis di Masa Pandemi” Mengembangkan Konsep Pemulihan Ekonomi di Masa New Normal. Webinar series ini diselenggarakan sebanyak 3 kali yaitu Seri 1, Seri 2 dan Seri 3. 

Webinar Seri 1 diselenggarakan pada tanggal 14 Oktober 2020, dengan tema:  “Sukses Berbisnis di Pasar Domestik”. Ada dua pembicara yang merupakan pelaku bisnis (Bapak Dr. M. Mufti Mubarok dan Bapak Dr. Jaya Adi Gama Tengtarto, SE.,MM.) yang memaparkan bagaimana pengalaman dan kiat-kiat suskes mereka dalam mengelola bisnis di pasar domestik dalam masa pandemic Covid 19 ini. Untuk melengkapi pembahasan tentang bagaimana agar pelaku bisnis bisa meraih sukses dalam mengelola bisnis di pasar domestic di masa pandemi Covid 19, ada dua orang akademisi yang menjadi pembahas dalam webinar seri 1 yaitu Ibu Prof.Dr. Tanti Handriana, SE., M.Si dan Ibu Prof. Dr. Christina Whidya Utami, M.M., CLC., CPM.

Webinar Seri 2 diselenggarakan pada tanggal 15 Oktober 2020, dengan tema: ”Rahasia Sukses Start Up Business di Masa Pandemi”. Ada dua pembicara yang merupakan pelaku Start Up Business (Bapak Dalu Nuzlul Kirom dan Bapak Adhicipta Raharja Wirawan) yang memaparkan bagaimana pengalaman dan kiat-kiat suskes mereka dalam mengelola Start Up Business dalam masa pandemic Covid 19 ini. Untuk melengkapi pembahasan tentang bagaimana agar pelaku bisnis bisa meraih sukses dalam mengelola Start Up Business di masa pandemi Covid 19, ada dua orang akademisi yang menjadi pembahas dalam webinar seri 2 yaitu Bapak Prof. Sujoko Efferin dan Ibu Felecia, S.T., M.Sc. 

Webinar Seri 3 diselenggarakan pada tanggal 17 Oktober 2020, denagn tema: ”Strategi Mempertahankan Kinerja Ekspor”. Ada dua pembicara yang merupakan pelaku ekspor (Bapak Muhaimin dan Bapak Budhi Wibowo) yang akan memaparkan bagaimana pengalaman dan kiat-kiat suskes mereka sebagai eksportir dalam masa pandemic Covid 19. Untuk melengkapi pembahasan tentang bagaimana agar pelaku ekspor bisa meraih sukses dalam melakukan kegiatan ekspor di masa pandemi Covid 19, ada dua orang akademisi yang menjadi pembahas dalam webinar seri 3 yaitu Bapak Dr.rer.pol. Wildan Syafitri, SE., ME. dan Bapak Prof.  Abdul Mongid, MA. Ph.D.

Penyelenggaraan webinar series ini didukung oleh 15 perguruan tinggi (PTN dan PTS) yang ada di Jawa Timur, yaitu: (1) Universitas Negeri Surabaya, (2) Universitas Islam Kadiri, (3) Universitas Muhammadiyah Surabaya, (4) Universitas Airlangga, (5) Universitas Brawijaya, (6) Universitas Jember, (7) Universitas Trunojoyo, (8) UPN Veteran Jawa Timur, (9) STIE Perbanas Surabaya, (10) Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, (11) Universitas Ciputra, (12) Universitas Dinamika Surabaya, (13) Universitas Surabaya, (14) Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, dan (15) STIESIA Surabaya.

Webinar Series ini dihadiri sebanyak 1.128 orang peserta, dengan rincian: Webinar seri 1 sebanyak 259 orang, Webinar Seri 2 sebanyak 405 orang, dan Webinar Seri 3 sebanyak 464 orang. Peserta yang hadir dalam webinar tersebut meliputi: praktisi (pelaku bisnis), pimpinan dan karyawan perusahaan baik BUMN maupun swasta, dosen dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi, institusi pemerintah, Pengurus dan Anggota ISEI, serta Pengurus dan Anggota Forum Dosen Ekonomi Surabaya.