Office :
Jl. M.H. Thamrin 12 Surabaya 60264
Telp. (031) 5684955, 5683021
Fax. (031) 5684955, 5676475

Laporan Kegiatan

Seminar Nasional “Economic Outlook 2011

Mendorong Inisiatif Daerah Menuju

Pertumbuhan Ekonomi yang Berkelanjutan”

 

Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Cabang Surabaya Koordinator Jawa Timur bekerjasama dengan Bank Indonesia Surabaya telah menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema “Economic Outlook 2011: Mendorong Inisiatif Daerah Menuju Pertumbuhan Ekonomi yang Berkelanjutan” pada hari Senin, 6 Desember 2010 jam 08.30 – 12.00 WIB di Ruang Singosari Lt. 5 – Bank Indonesia Surabaya, Jl. Pahlawan No. 105 Surabaya.

 

 

Seminar ini dihadiri oleh sekitar 225 orang peserta, yang berasal dari berbagai kalangan, yaitu:

  1. Perbankan (Bank Indonesia, Bank Umum, dan BPR di seluruh Jawa Timur)

  2. Institusi pemerintah (Bupati/Walikota dan Bappeda Kabupaten/Kota seluruh Jawa Timur, serta Dinas-dinas di lingkungan Pemerintah Propinsi Jawa Timur)

  3. Para pengusaha

  4. Pimpinan perusahaan BUMN dan swasta yang ada di Jawa Timur

  5. Perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang ada di Jawa Timur

  6. Asosiasi-asosiasi profesi

  7. Pengurus / anggota ISEI Cabang Surabaya Koordinator Jawa Timur.

Seminar yang mengambil tema Economic Outlook 2011: Mendorong Inisiatif Daerah Menuju Pertumbuhan Ekonomi yang Berkelanjutan” inidilatarbelakangi oleh adanya fakta bahwa saat ini telah terjadi proses pemulihan ekonomi global setelah sebelumnya dilanda krisis. Perbaikan ekonomi global ini memberikan dampak positif bagi perekonomian Indonesia yang telah mengalami peningkatan pertumbuhan ekonomi sejak Triwulan III tahun 2009 menjadi sebesar 4,2% setelah pada periode sebelumnya mengalami pernurunan hingga mencapai 4,0% pada Triwulan II tahun 2009. Perbaikan kinerja ekonomi ini terus berlanjut dan mencapai pertumbuhan sebesar 6,2% pada Triwulan II tahun 2010. Beberapa pengamat ekonomi memprediksikan bahwa pertumbuhan ekonomi pada tahun 2011 akan mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2010.

Membaiknya kondisi perekonomian, baik perekonomian nasional maupun global, seyogyanya dapat menjadi momentum bagi upaya untuk melakukan pengembangan ekonomi daerah. Salah satu sasaran dalam pengembangan ekonomi daerah adalah mendorong tumbuhnya inisiatif daerah dalam rangka menciptakan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan (sustainable growth). Oleh karena itulah perlu diselenggarakan sebuah Seminar Nasional dengan tema “Economic Outlook 2011: Mendorong Inisiatif Daerah Menuju Pertumbuhan Ekonomi yang Berkelanjutan”.

Seminar ini memiliki beberapa tujuan, yaitu :

  1. Memberikan gambaran kepada peserta tentang ulasan perkembangan ekonomi dan bisnis sepanjang tahun 2010.

  2. Memberikan gambaran kepada peserta tentang prediksi perkembangan ekonomi dan bisnis pada tahun 2011.

  3. Memberikan gambaran kepada peserta tentang langkah-langkah dan strategi untuk mendorong inisiatif daerah menuju pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Acara seminar ini diawali sambutan oleh Ketua ISEI Cabang Surabaya, Muljanto, SE, MM dan dilanjutkan dengan keynote speech oleh Dr. Darmin Nasution (Gubernur Bank Indonesia /Ketua Umum ISEI Pusat), yang dibacakan oleh Mohamad Ishak, SE, MA (Pemimpin Bank Indonesia Surabaya). Selesai keynote speech dilanjutkan dengan Seminar Sesi I dengan Tema: Perkembangan Ekonomi 2010 dan Prediksi 2011, dengan sub tema, pembicara dan moderator sbb :

Pembicara :

1. Dr. Soekarwo, SH, M.Hum

Sub tema : Perkembangan Ekonomi Jawa Timur 2010 dan Prediksi 2011

2. Dr. Anggito Abimanyu

Sub tema : Perkembangan Ekonomi Indonesia 2010 dan Prediksi 2011

Moderator : Drs. Maksum M.Si

Seminar Sesi II mengambil Tema : Mendorong Inisiatif Daerah Menuju Pertumbuhan Ekonomi yang Berkelanjutan, dengan pembicara dan moderator sbb :

Pembicara :

1. Drs. Noer Tjahja, MM

2. Prof. Dr. Candra Fajri Ananda, SE, MSc

Moderator : Bambang Budiarto, SE, M.Si

Seminar ini berlangsung sangat menarik dibuktikan dengan sangat tingginya minat peserta sampai dengan berakhirnya acara seminar. Seminar ini juga dihadiri oleh para wartawan baik media cetak maupun elektronik.

 

Facebook