Office :
Jl. M.H. Thamrin 12 Surabaya 60264
Telp. (031) 5684955, 5683021
Fax. (031) 5684955, 5676475

Works Shop

SEMINAR DAN PELATIHAN “PENULISAN JURNAL INTERNASIONAL”

Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Cabang Surabaya Koordinator Jawa Timur bekerjasama dengan Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya telah menyelenggarakan Seminar dan Pelatihan dengan tema “Penulisan Artikel Jurnal Internasional” pada hari Kamis, 31 januari 2013 pukul 08.00 – 16.00 WIB di Auditorium Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya, Gedung G3, Lt. 2, Jl. Ketintang Surabaya.


Acara ini diawali sambutan Pembukaan oleh Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya, yang diwakili oleh Pembantu Dekan I, Dr. Andre Dwijanto W., ST, M.Si, Selesai sambutan, dilanjutkan dengan Seminar dan Pelatihan dengan tema “Penulisan Artikel Jurnal Internasional” dimulai pukul 08.00-16.00 WIB, dengan menampilkan pembicara, sub tema, dan moderator sebagai berikut :


Pembicara :

 

  • Prof.Dr. Tatik Suryani, Psi., MM
    Topik : Kiat sebagai Penulis Pemula untuk Publikasi Jurnal Intrnasional

  • Prof . Dr. Tjiptohadi Sawarjuwono, SE, M.Ec, Ak
    Topik : Teknk Penulisan Artikel Jurnal Internasional

  • Dr. Djuwari, M.Hum
    Pembahasan Artikel Jurnal Internasional dan Klinis

  • Moderator : Dr. Eni Wuryani, SE, M.Si

Acara ini dilatarbelakangi oleh adanya suatu survei oleh Scientific American di tahun 1994 menunjukkan bahwa kontribusi ilmuwan Indonesia pada khasanah pengembangan dunia ilmu setiap tahunnya hanyalah sekitar 0.012%, yang jauh berada di bawah Singapura yang berjumlah 0.179%, apalagi kalau dibandingkan dengan USA yang besarnya lebih dari 25%. Data yang hampir sama, yang dilaporkan oleh Science Direct, Elsevier menunjukkan bahwa sejak tahun 1996 output riset Indonesia adalah 500an dan hingga 2007 tetap masih kurang dari 1000 paper, sama dengan Filippina dan Viet Nam, sementara Thailand sudah berada pada 1000an pada tahun 1996 dan melonjak mencapai 5500an pada tahun 2007. Malaysia pada tahun 1996 mempunyai output riset 1000an dan meningkat menjadi 3500an pada tahun 2007. Angka ini kembali lagi menguatkan rendahnya output riset ilmuwan Indoensia dalam bentuk publikasi ilmiah. Rendahnya publikasi ilmiah peneliti di perguruan tinggi di Indonesia di jurnal ilmiah bereputasi internasional merupakan faktor penting terhalangnya perguruan tinggi Indonesia masuk ke world class university.

Salah satu upaya untuk meningkatkan daya saing perguruan tinggi adalah melalui peningkatan kualitas dan kuantitas publikasi. Peranan perguruan tinggi dalam pembangunan ilmu pengetahuan dan teknologi tidak hanya berasal dari kontribusi lulusannya yang bermutu, akan tetapi juga dari hasil penelitiannya yang relevan terhadap pengembangan keilmuan dan kebutuhan pembangunan. Hasil-hasil penelitian atau artikel ilmiah perlu disebarluaskan kepada para peneliti lain maupun masyarakat pengguna, termasuk industri yang langsung dapat memanfaatkannya. Kemampuan menulis masyarakat ilmiah di Indonesia dirasakan masih belum optimum sehingga kemauan untuk menulis artikel ilmiah yang dipublikasikan masih terus harus dipacu. Publikasi hasil-hasil penelitian para Akademisi masih dinilai sangat kecil untuk dipublikasikan di Jurnal Internasional.

Berdasarkan kondisi yang ada selama ini, untuk memacu peneliti atau penulis dalam mempublikasikan hasil karyanya di tingkat Internasional, Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Cabang Surabaya Koordinator Jawa Timur bekerja sama dengan Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya mengadakan “Seminar dan Pelatihan Penulisan Artikel Jurnal Internasional”.
Acara ini diikuti oleh sekitar 50 orang peserta dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Acara ini diakhiri dengan pembagian sertifikat kepada para peserta pada pukul 16.00. Tingginya minat peserta terhadap acara ini membuat panitia merencanakan akan menyelenggarakan lagi acara serupa pada masa mendatang.